Mengenal Cara Jualan Online Bagi Pemula

online marketing

Blog Shoop! | Perdagangan online atau e-commerce semakin hari semakin menunjukkan kemajuan. terlihat dengan banyaknya toko online (Online Shop) yang bertebaran di Internet. Selain toko online sejumlah pasar online jual beli (marketplace) juga tumbuh subur. Hal tersebut tentunya membawa efek positif bagi yang terjun di dunia online. Pasalnya jangkauan pasar menjadi lebih luas. Berbeda dengan yang hanya mengandalkan media offline saja. Maka tidak heran sekarang ini banyak sekali yang minat terjun ke dunia online marketing untuk mendukung kegiatan penjualan produknya.

Sebenarnya apa saja yang dibutuhkan agar kita bisa mengonlinekan produk kita di internet? apakah kita harus memiliki seperangkat komputer dan juga website? jika kita tidak mempunyai keahlian dalam membuat website berapa yang harus kita bayar untuk jasa pembuatan website oleh web developer?

Memang untuk menunjang kegiatan online marketing kita harus memiliki sarana dan prasarana yang lengkap termasuk website. Namun bagi pemula yang baru terjun di dunia online dan tertarik dengan kegiatan online marketing atau jualan online maka tidak harus sejauh itu. Yang penting kita tau konsep dasar penjualan online edan memanfaatkan media yang ada untuk mengonlinekan produk kita di pasar online.

Bagaimana cara jualan online bagi pemula? untuk pemula yang harus kita tau bahwa konsep online marketing atau penjualan online itu adalah bahwa asal produk kita tersubmit ke internet dan ada orang yang melihat serta ada yang tertarik dan membelinya maka anda sudah bisa disebut melakukan penjualan online. Lalu bagaimana dengan metode pembayaran dan pengiriman barang? kita bisa menggunakan metode pembayaran melalui transfer bank, dan pengiriman banrangnya bisa menggunakan jasa pengiriman barang. Atau jika ingin lebih mudah antara pembeli dan penjual melakuakan ketemuan langsung atau Cash On Delevery (COD).

Bagi pemula tidak perlu harus membuat website toko online terlebih dahulu yang mengharuskan membayar uang untuk biaya pembuatan website tersebut. Namun jika usaha anda semakin maju maka agar terlihat profesional maka anda harus membuat website toko online profesional.

Jika dirasa perlu membuat website toko online namun anggaran dana masih terbatas maka kita bisa menggunakan engine blog gratisan seperti blogspot dan wordpress.

Memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, maupun instagram juga bisa dilakukan. Sambil mencari teman serta kenalan kita bisa menawar-nawarkan produk kita. Namun ada etika yang harus diperhatikan saat menawarkan produk di jejaring sosial tersebut. Kebayakan para penjual asal menandai pengguna lain dan promosi berlebihan sehingga terlihat seperti spaming. Hal tersebut sangat dibenci oleh pengguna lainnya. Maka gunakanlah cara yang bijaksana untuk berpromosi menawarkan produk anda.

Selain jejaring sosial kita juga bisa memanfaatkan tempat jual beli online gratis seperti Kaskus FJB, Toko Bagus, Berniaga, Buka Lapak dan sebagainya. Tips agar produk anda menarik saat jualan di tempat jual neli online adalah gunakan foto pendukung asli dan jernih serta memberikan deskripsi produk dengan jelas dan juga nomer kontak yang mudah di hubungi.

Terakhir untuk melakukan penjualan online tidak harus menggunakan laptop/komputer. Dengan bermodalkan telepon seluler atau smartphone android maka kita bisa melakukan penjaulan online. Dengan hadirnya aplikasi jual beli online Shoop! Mobile Marketplace pekerjaan online marketing untuk belanja dan jualan produk online semakin mudah. Dengan aplikasi android penjualan online Shoop! pula kita cukup sekali submit maka produk kita akan terupload ke banyak toko online maupun marketplace sekaligus, tertarik dengan aplikasi ini? unduh sekarang juga gratis.

Related posts:

Loading Facebook Comments ...