Memanfaatkan Layanan Google Maps Untuk Bisnis

google maps for business

Blog Shoop! | Google Maps salah satu fitur layanan pemetaan yang cukup terkenal dari Google. Selain digunakan untuk pemetaan maupun penunjuk arah, Google Maps memiliki berbagai macam fitur yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya adalah fitur lokasi Google Maps untuk bisnis , dimana kita bisa mencantumkan lokasi bisnis kita di Google Maps sehingga seseorang bisa mengetahui lokasi tempat bisnis kita. Dengan begitu calon pelanggan kita bisa dengan mudah mencari lokasi sebenarnya dimana temapt bisnis kita berada.

Akan sangat kesulitan jika calon pembeli hanya mengetahui dari catatan alamat saja. Sedangkan calon pembeli tersebut ingin datang langsung ke tempat bisnis kita. Maka dengan kita memanfaatkan penempatan lokasi bisnis kita di Google Maps calon pembeli akan sangat terbantu ketika mencari lokasi penunjuk arah melalui Google Maps.

Lalu bagaimana cara menempatkan lokasi bisnis kita di Google Maps? Ada dua versi agar bisnis kita tercantum di layanan pemetaan Google Maps. Pertama kita bisa langsung menempatkan lokasi bisnis kita lewat aplikasi Google Maps langsung. Dan yang kedua dengan cara menempatkan bisnis kita melalui fitur Google Plus Local Business.

Walaupun intinya sama namun kedua cara tersebut mempunyai sedikit perbedaan. Perlu diketahui juga agar lokasi bisnis kita terverivikasi di cantuman Peta Google, kita harus memverivikasinya terlebih dahulu. Dan untuk memverivikasinya ada tiga cara yang bisa dilakukan yaitu bisa lewat SMS, Telpon, dan Kartu Pos. Dimana kita mendapatkan PIN untuk digunakan dalam memverivikasi tempat bisnis kita.

Jika kita mencantumkan lokasi bisnis kita langsung di aplikasi Google Maps maka kita dengan mudah menerima PIN verivikasinya cukup dengan SMS maupun telpon saja sehingga bisa lebih cepat. Namun jika kita mencantumkan lokasi bisnis kita melalui fitur Google Plus Local Business maka kita hanya diberi pilihan verivikasi Cuma leat kartu pos saja. Memang diperlukan waktu lama jika PIN yang kita terima lewat kartu pos. Dari pengalaman yang pernah kami alami ketika menerima PIN lewat kartu pos paling cepat satu bulan dan bisa sampai tiga bulanan, tergantung alamat kita.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangannya jika kita mencantumkan lokasi bisnis kita lewat aplikasi Google Maps langsung dengan melalui layanan Google Plus Local Business? Salah satu kelebihan yang tidak dimiliki jika kita menempatkan secara langsung di Google Maps adalah jika kita menempatkannya melalui layanan Google Plus Local Business maka lokasi bisnis kita juga akan muncul di hasil penelusuran web Google. Dan hasil penelusuran yang ditampilkan tersebut selalu ditempatkan di daftar teratas Search Engine Result Page (SERP) Google. Dan di sampingnya terdapat informasi mengenai bisnis kita dan juga potongan cuplikan peta. Jika potongan cuplikan peta tersebut di klik maka kita diarahkan ke aplikasi Google Maps dan menunjukkan lokasi bisnis kita secara detail.

Berbeda halnya dengan jika mencantumkan lokasi bisnis kita langsung di aplikasi Google Maps. Lokasi bisnis kita tidak akan dicantumkan di hasil penelusuran web Google. Lokasi bisnis kita hanya ditampilkan di hasil penelusuran peta Google saja.

Maka ketika pembaca tertarik ingin menempatkan lokasi bisnis di Google Maps, maka kami sarankan mencoba melakukan pendaftaran melalui layanan Google Plus Local Business saja, memang memerlukan waktu lama untuk menerima PIN verivikasinya namun jika berhasil cantuman lokasi bisnis kita di Google Maps akan lebih maksimal, karena dengan munculnya lokasi bisnis kita di hasil penelusuran web Google maka cantuman bisnis kita mempunyai nilai Search Engine Optimization atau SEO tersendiri.

Tertarik ingin menempatkan lokasi bisnis kita di Google Maps? Cobalah sekarang juga melalui http://www.google.com/local/add/businessCenter untuk pendaftaran langsung di aplikasi Google Maps, dan melalui http://goo.gl/wyKNmQ untuk pendaftaran lewat layanan Google Plus Local Business. Dan perlu diketahui pembaca harus mempunyai akun Google terlebih dahulu dan bisa dibuat secara gratis juga.

Loasi bisnis apa saja yang bisa ditempatkan di Google Maps? Pembaca bisa memberi nama dalam cantuman Google Maps tersebut seperti nama toko, tempat usaha, lokasi kantor, dan lain sebagainya.

#Update : Sekarang layanan Google Local Business hanya menggunakan verifikasi PIN melalui kartu pos yang dikirim ke alamat rumah anda. Pastikan anda mencantumkan detail alamat dengan jelas agar menerima PIN Verifikasi.

Related posts:

Loading Facebook Comments ...