Blog Shoop!

Langkah Awal Memulai E-Commerce Sebagai Penjual

Langkah Awal Memulai E-Commerce Sebagai Penjual

Blog GetShoop.com | Perdagangan elektronik atau biasa disebut e-commerce layaknya perdagngan offline yaitu adanya penjual dan pembeli. Nah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas artikel tentang langkah awal ketika hendak memulai e-commerce sebagai penjual.

Pada kesempatan lainnya kami juga membahas tentang Tips memulai e-commerce sebagai pembeli atau konsumen.

Nah anggaplah kita sebagai suatu pelaku usaha bisnis dan hendak memulai pemasaran produk secara online menggunakan internet maka ada langkah-langkah yang perlu diperhatikan ketika hendak memulai e-commerce.

Jika kamu hendak memasarkan produk anda ke internet, maka pikirkan lah terlebih dahulu apakah produk anda layak dipasarkan secara onliine?

Contoh produk yang tidak perlu dijual secara online adalah mie instant, lihat produk mie instant sangat mudah ditemui di warung-warung, mini market, hingga supermarket di sekitar rumah.

Ketika seseorang butuh mie instant maka cukup membeli di warung-warung dekat rumah, jarang ada yang order mie instant satu bungkus secara online.

Namun misalkan kamu memiliki produk misalnya kotak sepatu transparan yang jarang ditemui di warung-warung sekitar rumah maka produk tersebut layak untuk dipasarkan secara online.

Siapa konsumen yang kira-kira akan menggunakan produk yang hendak akan jual? ini sangat penting kamu ketahui. Dengen mengetahui target market maka bisa diketahui laku tidaknya produk milik anda.

Selanjutnya adalah ketika sudah kamu putuskan hendak memulai berjualan secara onile, maka langkah pertma segera bangun sebuah website.

Dan ketika sudah memutuskan hendak membangun sebuah website hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah apakah kamu ingin merancang situs web sendiri atau menggunakan jasa perusahaan web design & development? tentu saja kamu harus menyiapkan anggaran untuk menggunakan jasanya.

Ataukan kamu ingin mendompleng situs marketplace yang sudah besar dan memiliki nama seperti Tokopedia dan Bukalapak?

Hal tersebut haruslah menjadi pertimbangan yang matang ketika hendak memulai jualan online.

Ketika kamu sudah memiliki sebuah website maka berikan semua detail informasi secara lengkap dan akurat. Dekripsi produk, harga, foto, kontak telepon, serta berikan kemudahan pembayaran dan pengiriman barangnya.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan sosial media untuk membagikan produk-produk yang kamu jual, dimana sosial media seperti Facebook misalnya adalah tempat berkumpulnya netizen dari penjuru dunia hal ini bisa kamu gunakan untuk pemasaran online.

Dan jika kamu memiliki anggaran lebih kamu bisa memanfaatkan iklan berbayar seperti Google Adwords maupun Facebook Ads. Dengan menggunkan media iklan berbayar, target pasar bisa ditentukan secara tertarget dan produk anda bisa dikenal dengan cepat.

Itulah sedikit tips dari kami terkait langkah awal memulai e-commerce sebagai penjual, semoga bermanfaat.

*Sumber gambar : http://www.ummi-online.com/

 

 

Related posts:

Loading Facebook Comments ...