Blog Shoop!

Langkah Awal Memulai E-Commerce Sebagai Pembeli

Langkah Awal Memulai E-Commerce Sebagai Pembeli

Blog GetShoop.com | Setelah sebelumnya kami memposting tentang langkah awal memulai e-commerce sebagai penjual. Maka kali ini giliran kami berbagi tips tentang langkah awal memulai e-commerce sebagai seorang konsumen atau pembeli.

Sebagai seorang pembeli transaksi elektronik yang menggunakan media internet online tentu saja mempunyai perbedaan yang sangat mencolok dengan transaksi jual beli secara offline.

Yang paling mendasar perbedaan dari transaksi jual beli online adalah antara penjual dan pembeli tidak saling bertemu secara langsung. Hal ini sangat berbeda dengan transaksi jual beli secara offline atu konvensional dimana antara penjual dan pembeli harus bertemu secara langsung.

Hal itulah yang menyebabkan e-commerce memiliki celah-celah rawan keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Melalui tulisan yang berjudul “Langkah Awal Memulai E-Commerce Sebagai Pembeli” kami mengajak kepada pembaca yang baru saja mengenal e-commerce supaya memahami hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh seorang pembeli supaya tidak merasa tertipu dan ditipu.

Privacy Policy

Kita harus bisa menemukan kebijakan privacy di situs tersebut. Perusahaan tersebut harus memberitahukan konsumen informasi apa yang dikumpulkan, bagimana menggunakanya dan apakah akan menjual/memberikan informasinya kepada yang lain.

Hal ini penting diperhatikan bagi setiap calon pembeli, karena tentu saja data diri kita yang tersimpan pada situs tersebut terjamin keamanannya. Namun masih banyak konsumen yang kurang memperhatikan hal ini.

Bahkan di luar negeri suatu website wajib mencantumkan Privacy Policy.

Jaga Informasi Pribadi Kita

Berikan hanya kita tahu siapa yang mengumpulkannnya, mengapa dan bagaimana akan digunakan.

Data diri kita terkait nama, kontak, alamat, nomer rekening bank, kartu kredit, serta informasi data diri kita jangan sembarangan dibagikan kepada situs yang tidak jelas.

Rahasiakan Kata Sandi

Ini wajib, menjaga kata sandi dengan aman akan meminimalisir tindak kejahatan kepada akun yang kita miliki.

Bayar Dengan Kartu Kredit

Bayarlah dengan kartu kredit. Jika kita tidak mendapatkan barangnya, jangan bayar tagihan kartu kredit tersebut.

Namun tidak semuanya pengguna internet memiliki kartu kredit. Kamu bisa menggunakan alternatif lain yaitu Cash On Delivery atau COD. Bisa juga menggunakan jasa escrow.

Priksa Kebijakan Pengiriman

Periksalah kebijakan pengiriman dan pengembalian perusahaan tersebut. Jangan ragu menanyakan bagaimana jika barang rusak saat proses pengiriman.

Hal ini penting terkadang pihak ekspedisi pengiriman barang ceroboh dalam mengirim paket barang sehingga terjadi kerusakan.

Pastikan Aman

Harus bisa meyakinkan bahwa transaksi pada situs tersebut aman (secure) sebelum kita melakakan pembelian. Yang namanya dunia internet rawan kejahatan sehingga hanya situs-situs terpercaya saja yang hanya kita gunakan.

Salah satu ciri sebuah situs aman perhatikan pada adress bar alamat domain website tersebut apakah menggunakn https:// jika iya berarti situs tersebut secure (aman).

Itulah sedikit tips dari kami ketika hendak memulai e-comerce sebagai pembeli, semoga bermanfaat.

Related posts:

Loading Facebook Comments ...