Kenali Gaya Belanja Online Masing-Masing Lapak

website-toko-online

Blog Shoop! | Banyak yang beranggapan bahwa belanja online di setiap masing-masing lapak toko online itu semuanya sama. Padahal anggapan seperti itu keliru. Maka sebelum kita berbelanja online maka sebaiknya kita mengenali bagaimana metode pelayanan masing-masing online shop (toko online) dalam memberikan layanan transaksi jual beli di situs webnya.

Dengan mengenali gaya belanja online di masing-masing lapak online maka kita sebagai calon pembeli online akan lebih memahami bagaimana setiap toko online memberikan layanannya.

Pertama kalian tentu sudah kenal dengan situs forum jual beli online atau lebih dikenal dengan istilah FJB (forum jual beli). FJB yang paling dikenal adalah Kaskus. Layaknya situs-situs forum, toko online jenis FJB ini memang tampilannya sederhana layaknya forum-forum pada umumnya yang terdiri dari trit-trit.

Harus jeli memilih penjual online di forum jual beli. Karena banyaknya akun anonim maka hal tersebut bisa disalah gunakan untuk tindakan penipuan online. Walau tidak semua penjual online di FJB bereputasi buruk namun belanja di tempat forum jual beli seperti ini sangatlah beresiko. Maka untuk menghindari tindak kejahatan online gunakanlah metode pembayaran berupa cas on delivery (COD), cara lainnya adalah dengan menggunakan rekber atau rekening bersama.

Kedua adalah situs jual beli. Salah satu contoh situs jual beli seperti Berniaga, Olx (Tokobagus), dan lainnya. Dari segi tampilan situs jual beli seperti ini lebih enak dipandang mata daripada FJB. Karena jenis toko online seperti ini telah mengelompokkan masing-masing barang sesui kategori dan terdiri dari barang baru dan bekas.

Banyak penjual online yang menjual produknya di situs seperti ini dan dengan banyaknya penjual dari berbagai daerah maka kamu harus pintar-peintar mencari produk yang ingin dibeli. Banyak barang yang sama yang dijual oleh penjual berbeda maka persaingan harga bisa terjadi disini.

Namun belanja online di tempat seperti ini juga sama saja dengan belanja di situs forum juala beli. Yang membedakan Cuma tampilan website saja. Karena tidak adanya payment gateway yang terintegrasi dengan situs tersebut maka hendaknya berhati-hati. Gunakan metode pembayaran COD atau rekeber untuk keamanan transaksi.

Maka untuk menjawab kekurangan tersebut muncullah situs jual-beli online sejenis namun dengan sedikit perbaikan pada sistem metode pembayarannya. Salah satu contohnya seperti Bukalapak, Tokopedia dan lainnya yang telah di integrasikannya sistem pembayaran online berupa rekber. Dimana pihak pengelola situs memposisikan disi sebagai rekber.

Ketiga toko online yang berdiri sendiri dimana sebuah website toko online dengan penjual tunggal. Salah satu contohnya seperti toko online PernikMuslim.com yang menjual berbagai aneka jenis obat herbal, buku, baju muslim, alat kesehatan dan lainnya. Jenis toko online seperti ini biasanya juga terdapat toko fisikny secara offline. Disamping itu juga memberikan layanan customer service dan metode pembayaran berupa transfer bank dan memberikan keamanan bertransaksi.

Keemapat adalah jenis situs toko online daily deals atau banyak juga yang menyebutnya situs kupon, diskon, voucer, dan lainnya. Karena situs toko online seperti ini menawarkan menawarkan banyak potongan harga. Namun model situs toko online seperti ini tidak memberikan produk yang kamu beli secara langsung.

Di situs tersebut kamu tidak akan diberi barangnya secara langsung melainkan voucher diskon yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja ke tempat aslinya dengan menggunakan voucher tersebut untuk membayarnya. Bisa digunakan untuk makan di restoran, salon, maupun belanja ke supermarket dan lainnya yang telah ditentukan di dalam voucher diskon tersebut.

Contoh situs daily deals contohnya seperti Groupon, evoucher, lakupon, dan lainnya. Dan yang harus diingat adalah masa berlaku voucher diskon tersebut. Jangan sampai kamu telah membeli voucher tersebut namun kamu lupa menukarkannya untuk belanja karena masa berlaku voucher telah kadaluarsa sehingga voucher tidak berlaku dan kamu akan kehilangan uang.

Kelima jenis toko online lainnya adalah di jejaring sosial seperti Twitter, Instagram, maupun Facebook. Facebook contohnya yang merupakan situs jejaring sosial yang diperuntukkan untuk tempat mencari kenalan sekarang telah digunakan untuk jual beli.

Banyak grup-grup yang dibuat khusus untuk jual beli, ada pula fans page yang juga digunakan sebagai brand toko online. Belanja di tempat seperti ini sama dengan belanja di tempat forum jual beli maupun situs jual beli. Terlebih kamu harus berhati-hati jika ada akun yang menawarkan produk murah terlebih gadget seperti handphone yang ditawarkan dengan harga murah.

Pernah kan kamu tiba-tiba di tandai di sebuah foto di Facebook sebuah produk gadget seperti Blackberry, Samsung, iPhone dan lainnya dengan harga murah? Harap berhati-hati biasanya akun-akun seperti itu adalah penipu online. Gunakan metode COD, maupun rekber untuk keamanan bersama.

Nah itulah sedikit ulasan yang perlu kamu ketahui gaya belanja online masing-masing lapak online sehingga bagi kamu yang hobi online shopping akan bertambah pengetahuannya sehingga tidak mudah tertipu saat belanja online.

Bagi kamu yang suka jualan dan belanja online menggunakan gadget mobile manfaatkan Shoop! Social E-Commerce aplikasi mobile untuk jualan dan belanja online yang memberikan pengalaman yang mengasikkan. [GW]

*sumber gambar : google

Related posts:

Loading Facebook Comments ...