Inilah Model-Model E-Commerce di Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui

Model-Model E-Commerce di Indonesia

Blog GetShoop.com | Setelah beberapa waktu lalu kami membahas tentang sejarah dan perkembangan perdagangan elektronik atau e-commerce. Kali ini kami akan mencoba membahas tentang model-model e-commerce di Indonesia.

Jika kamu sedang mencari contoh model-model e-commerce yang ada di Indonesia maka kamu tidak usah bingung.

Bagi sebagian orang untuk mencari istilah dari kosakata perdagangan elektronik atau biasa disebut e-commerce saja sudah bingung untuk mendefinisikan.

Padahal bagi pengguna internet saat ini tanpa disadari sudah sering menggunakan model-model e-commerce yang ada di Indonesia.

Apa saja model-model e-commerce yang ada di Indonesia?

 

Model E-Commerce Iklan Baris

Model e-commerce yang sangat sederhana. Iklan baris online adalah sebuah evolusi dari sebuah iklan baris yang biasanya bisa kita temui di sebuah surat kabar atau koran.

Seseorang yang menggunakan sebuah situs sosial media maupun forum untuk beriklan artinya mereka telah menggunakan model e-commerce.

Biasanya antara pembeli dan penjual tidak bisa melakukan transaksi secara langsung, namun mereka biasanya akan berkomunikasi secara langsung untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli.

Contoh model website e-commerce iklan baris diantarnya : Olx, Berniaga, FJB Kaskus, Grup jual beli Facebook, dan sejenisnya.

Model E-Commerce Retail

Model e-commerce yang di mana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan.

Oleh karena itu, kegiatan jual-beli di retail relatif aman, namun biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak, atau hanya fokus ke satu-dua kategori produk.

Bahasa sederhanyanya jenis e-commerce retail bisa kamu temui pada sebuah website-website toko online seperti: PernikMuslim.com, Zalora, Lazada, dan sejenisnya.

Model E-Commerce Marketplace

Model e-commerce yang juga bisa disebut sebagai sebuah mall online dimana yang berjualan di model e-commerce marketplace adalah anggota yang telah terdaftar pada situs website marketpace.

Sementara penyedia layanan website marketplace umumnya menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama.

Jadi setiap terjadi transaksi di dalam sistem marketplace tersebut, pihak marketplace akan menjadi pihak ketiga yang menerima pembayaran dan menjaganya hingga produk sudah dikirimkan oleh penjual dan diterima oleh pembeli.

Setelah proses pengiriman selesai, barulah uang pembayaran diteruskan ke pihak penjual.

Contoh model e-commerce ini bisa kamu temui pada situs-situs seperti : Tokopedia, Bukalapak, dan sejenisnya.

Itulah model-model e-commerce yang ada di Indonesia yang perlu kamu ketahui, semoga bermanfaat.

Kamu sedang mencari sebuah platform e-commerce di Indonesia yang terintegrasi dengan sebuah mobile apps? Shoop! adalah platform e-commerce yang akan memberikan solusi terbaik terkait pengembangan website e-commerce untuk menunjang kegiatan usaha bisnis anda. Hubungi Shoop! sekarang.

Related posts:

Loading Facebook Comments ...