Inilah Dosa-Dosa Penjual Online Yang Perlu Kamu Waspadai

Inilah Dosa-Dosa Penjual Online Yang Perlu Kamu Waspadai

Blog GetShoop.com | Perdagangan online atau biasa disebut e-commerce telah tumbuh subur di Indonesia. Jika dulu banyak orang alergi untuk berjualan secara konvensonal atau offline, kini banyak orang yang tidak malu-malu berjualan secara online.

Karena kelebihan e-commerce adalah antara penjual dan pembeli yang tidak mengharuskan kedua belah pihak bertemu secara langsung dan memungkinkan terjadinya transaksi jual beli secara online.

Namun dari semua kelebihan e-commerce tersebut, tentu ada celah-celah yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku e-commerce untuk berbuat curang.

Dosa-Dosa Penjual Online Yang Perlu Diketahui

Agar tidak terjerumus ke dalam perbuatan dosa, maka sebagai seorang penjual online hendaknya lebih memilih berbuat jujur kepada konsumen tanpa memanipulai sedikitpun suatu produk guna meraih keuntungan semata. Dan tidak disadari seorang penjual online telah terjerumus ke dalam sebuah perbuata dosa.

Dosa-dosa penjual online kepada konsumen diantaranya:

Foto produk serta dekripsinya kurang sesuai dengan aslinya.

Kekuatan utama untuk memikat seorang calon konsumen adalah sebuah foto. Karena penggunaan lighting saat pemotretan sangat mempengaruhi kesesuaian foto dengan produk aslinya.

Jelaskan kepada calon konsumen dengan jujur terkait penggunaan foro produk. Jangan sampai konsumen kecewa ketika menerima produk aslinya ternyata produk tidak sesuai dengan yang di foto.

Jelaskan secara jujur pada dekripsi produk dan buat ulasan produk apa adanya janganlah dibuat-buat.

Membuat Testimoni Palsu

Ulasan feedback atau testimoni dari pembeli yang telah menggunakan suatu produk adalah daya tarik terhadap calon konsumen lain. Terlebih produk yang kamu jual masih tergolong baru, maka sebuah testimoni sangatlah berarti.

Dan janganlah kamu sebagai seorang penjual membuat sebuah testimoni palsu yang seakan-akan sebagai pembeli produk tersebut dengan membagus-baguskan produk tersebut.

Terlebih jika produk tersebut tidak sebagus dengan testimoni yang digembar-gemborkan, maka hat tersebut tentu saja sangat dilarang dan menipi pembeli.

Tidak mengecek barang sebelum dikirim sehingga barang cacat

Karena banyaknya permintaan barang dari konsumen, maka sebagai penjual kamu harus teliti dahulu sebelum barang dikirim.

Jangan sampai sebagai penujual tidak meneliti terlebih dahulu, sehingga produk cacat diterima pembeli. Ha ini tentu saja sangat merugikan pembeli. Pastikan barang yang hendak dikirim  dalam kondisi utuh dan normal.

Lupa bahwa godaan setan amat banyak dalam perniagaan

Karena asik berjualan online, menjawab pertanyaan konsumen, menyiapkan pemgiriman barang yang harus segera dikirim dan lainnya sehingga melupakan waktu sholat.

Tidak peduli terhadap halal dan haramnya suatu produk

Banyak penjual online yang tidak memperhatikan halal haramnya suatu produk yang mereka jual. Ada penual online yang berjualan obat aborsi untuk menggugurkan kandungan, menjual miras, makanan dan minuman yang tidak jelas halal dan haramnya, produk bajakan, dan sebagainya.

Jangan sampai kita sebagai penjual kurang menyadari hal-hal tersebut sehingga terjerumus ke dalam perbuatan dosa.

Diatas adalah sebagaian contoh tentang dosa-dosa seorang penjual online yang perlu diwaspadai. Tentu saja masih banyak dosa-dosa lainnya yang jika seseorang tidak jujur dalam berniaga.

*Sumber gambar: abumuhammadblog.wordpress.com

 

Related posts:

Loading Facebook Comments ...