Ingin Jualan Online Di Facebook..? Baca 7 Poin Berikut ini..!


Cara-Jualan-Di-Facebook-Marketing

Blog Shoop! | Jualan Online sekarang sudah menjadi tren tersendiri bagi pelaku marketing. Dengan kehadiran internet banyak sekali membantu dalam hal berjualan. Jika selama ini pedagang cuma bisa menawarkan barang jualannya secara konvensional atau offline, maka sekarang ini istilah jualan online bukan istilah yang asing lagi di dengar.

Berjualan online mempunyai banyak kelebihan dibandingkan secara offline pada umumnya, salah satu keunggulan jualan online adalah pangsa pasar uang luas tidak dibatasi waktu. Karena jangkauan internet seluruh dunia dan berjalan 24 jam maka besar kemungkinan jualan kita akan selalu di lihat banyak orang pengguna internet di belahan bumi manapun.

Facebook salah satu jejaring sosial yang paling diminati, dimana setiap saat seseorang selalu mengakses akun Facebooknya hanya untuk berbagi status, foto, berkomentar, bahkan mencari informasi yang mereka butuhkan.

Facebook adalah dimana tempat berkumpulnya para pengguna internet. Jika di dunia nyata kalau mau berjualan ya di pasar karena terdapat banyak manusia yang membutuhkan barang di sana dan barang kita akan lebih dilihat banyak orang. Seperti juga berjualan online konsepnya juga sama yaitu mencari dimana para pengguna internet selalu berkumpul maka di sana kita bisa promosi barang dagangan kita. Dan Facebook adalah salah satu tempat berkumpulnya para pengguna internet.

Sudah banyak orang yang memanfaatkan Facebook untuk marketing atau berjualan online. Facebook tidak hanya tempat untuk mencari teman dan berbagi status saja, orang pintar selalu memanfaatkan peluang yang ada untuk kegiatan yang menguntungkan.

Namun ada hal-hal khusus yang perlu diparhatikan jika kita mau sukses berjualan di Facebook, ingin tau bagaimana tips berjualan di Facebook? simak poin-pon penting berikut ini.

Poin Penting Facebook Marketing Yang Perlu Diketahui

1. Buatlah akun khusus untuk berjualan dengan menggunakan brand atau nama toko anda. Jika skala usaha anda besar maka penggunaan brand jauh lebih penting, pembaca juga bisa menggunakan Facebook Fans Page dan mencari like tertarget. Jika masih belajar Facebook marketing maka menggunakan akun pribadi tidak menjadi masalah yang penting profil penjual jelas dan bukan akun klonengan sehingga calon pembeli lebih percaya.

2. Gunakan gambar foto yang jelas, bisa menggunakan lebih dari satu gambar dengan pengambilan gambar dari berbagai sudut. Dan bila produk anda banyak kategorinya bisa membuat berbagai album gambar sesuai kategori.

3. Beri keterangan dekripsi yang lengkap yang menjelaskan kondisi barang, kelebihan serta kekurangannya, dan lain sebagainya. Gunakan tag # sebagai penanda agar mudah dicari orang misalnya #Surabaya #Jakarta, dan lain sebagainya.

4. Cantumkan harga dengan jalas apakah harga pas atau bisa nego.

5. Jelaskan juga bagaimana sistem pembayarannya? Cas On Delivery (COD) atau ketemuan langsung dan jika anda melayani pengiriman ke luar kota bisa memberikan sistem pembayaran transfer bank dengan banyak pilihan. Dan berikan informasi alamat dengan jelas jika calon pembeli ingin datang langsung ke toko anda.

6. Promosikan barang anda dengan cara membagikan status anda. Jangan sembarangan menandai seseorang di status anda tersebut, kebanyakan pengguna Facebook malas jika dirinya di tag tanpa ijin dan hal tersebut sering dianggap spam.

Hindari juga mengirim promosi langsung ke dinding maupun inbox teman, jika memang harus dilakukan sebaiknya minta ijin terlebih dahulu. Bisa juga ke forum grup jual beli yang ada. Grup forum jual beli memang dibuat khusus untuk pembeli dan penjual jadi disana kita bisa menawarkan produk kita.

Namun kita harus baca dulu peraturan-peraturan apa saja yang tidak boleh dilakukan karena jika dilanggar bisa jadi admin grup tersebut membanned kita dari grup tersebut. Dan jangan sekali-sekali kita promosi ke grup yang tidak diperuntukkan untuk jual beli karena akan berakibat buruk karena grup-grup yang bukan untuk jual beli sangat melarang adanya promosi jual beli. Dan jika anda mempunyai anggaran lebih bisa menggunakan Facebook Ads atau beriklan di Facebook.

7. Anda bisa menambahkan video dukungan yang bisa anda upload terlebih dahulu ke Youtube dan bisa anda bagikan ke Facebook. Seseorang akan lebih tertarik melihat audio visual. Disana anda bisa menjelaskan dengan detail produk tersebut.

Demikian beberapa poin penting yang bisa pembaca pahami jika ingin jualan online di Facebook. Walaupun berjualan online namun ada etika yang perlu dipahami sehingga kepercayaan calon pembeli kepada kita lebih tinggi. Jika kita tidak memperhatikan etika jualan online di Facebook maka kita akan dianggap spam dan produk kita menjadi tidak laku. Demikian sahabat Shoop dan jangan lupa gunakan aplikasi Shoop Social E-Commerce untuk membantu anda dalam berjualan online maupun belanja online menggunkan smartphone. [GW]

*sumber gambar : google

Related posts:

Loading Facebook Comments ...