Cara Belanja Online Yang Aman Agar Terhindar Dari Penipuan

cara aman belanja online
cara aman belanja online

Blog Shoop! | Tidak dipungkiri lagi seiring kemajuan teknologi dewasa ini maka kegiatan perdagangan juga banyak dilakukan secara online. Perdagangan online atau e-commerce selain memberi banyak manfaat terkadang juga tidak sedikit yang memanfaatkannya untuk kegiatan melanggar hukum seperti penipuan. Hal tersebut tentu saja menimbulkan rumor yang buruk terkait jual beli online. Rumor terkait belanja online yang rentan terhadap penipuan membuat calon pembeli enggan melakukan belanja online. Pembeli merasa takut jika nantinya kena tipu. Maka sebelum kita melakukan transaksi online baik itu jual beli maupun belanja online, sebaiknya kita mengetahui tips aman belanja online agar terhindar dari penipuan.

Jika kita mengetahui tips-tips aman sebelum berbelanja maka kemungkinan tertipu sedikit di minimalisir. Tips apa saja yang harus kita perhatikan dalam melakukan jual beli dan juga belanja online tersebut? Disini kami akan mengulas sedikit tips sehingga pembaca yang ingin berbelanja online bisa tau.

Pertama jika pembaca hendak melakukan belanja online maka pilihlah toko online yang benar-benar resmi dan jelas. Perlu diketahui terkadang ada beberapa oknum yang sengaja membuat website toko online namun website toko online tersebut sengaja dibuat untuk penipuan. Maka sebelum anda memilih website toko online untuk berbelanja maka alangkah lebih baik anda melihat track record website tersebut terlebih dahulu. Sebagai contoh salah satu e-commerce terpercaya seperti Lazada, Pernik Muslim, dll.

Kedua jika pembaca melakukan pembelian ataupun jual beli di tempat pasar online atau marketplace seperti Toko Bagus, Berniaga, Kaskus FJB, dll. Hendaknya lebih berhati-hati, pasalnya pasar online tersebut yang menjual produk adalah orang pribadi yang mensubmit produknya di layanan website jual beli. Pembelian di tempat seperti ini rentan sekali penipuan. Jika pembaca hendak melakukan pembelian produk di tempat semacam ini maka lebih baik melalui sistem Cash On Delivery (COD) yaitu antara pembeli dan penjual melakukan ketemuan langsung untuk melakukan transaksi. Tentu saja jika memakai sistem COD ini antara pembeli dan penjual masih dalam daerah yang sama dan dekat. Hindari melakukan transfer uang terlebih dahulu jika penjual berlokasi yang jauh. Hal tersebut rentan terjadi penipuan. Uang sudah anda transfer namun barang tidak dikirim. Jika terpaksa pembeli dan penjual tidak bisa COD maka bisa memakai jasa rekber (rekening bersama) yaitu jasa sebagai penghubung jual beli., pilihlah rekber yang resmi dan direkomendasikan. Salah satu pasar online jual beli yang memakai rekber aman dan resmi adalah Bukalapak. Namun hendaknya pembaca juga harus hati-hati jika membeli barang bekas di pasar jual beli. Cara paling aman yaitu dengan COD karena bisa bertemu langsung dan bisa meneliti barang sebelum dibeli.

Itu dulu sedikit tips dari kami seputar cara aman belanja online agar terhindar dari penipuan. Sekarang belanja online semakin mudah dengan hadirnya Shoop! Personalized Mobile Marketplace, belanja online dimana saja bisa dilakukan cukup dengan aplikasi jual beli smartphone., unduh sekarang juga gratis.

Related posts:

Loading Facebook Comments ...