7 Kunci Sukses Dalam Membangun Bisnis E-Commerce

Membangun Bisnis E-Commerce

Blog GetShoop.com | Setelah pada waktu lalu kami membahas tentang model-model e-commerce yang ada di Indonesia, kali ini kami Shoop! sebuah perusahaan perancang situs web yang fokus dalam pengembangan platform e-commerce yang terintegrasi dengan sebuah mobile apps, akan mencoba mengulas tentang 7 kunci sukses dalam membangun bisnis e-commerce.

Seperti kita tahu, sebuah bisnis e-commerce tidak hanya mengandalkan sebuah produk saja untuk tetap bisa bertahan di tengah-tengah ketatnya persaingan bisnis e-commerce saat ini.

Sebuah tim manajemen yang handal dan solid diperlukan untuk mengelola bisnis e-commerce. Selain itu dalam memenuhi konsumen dalam hal pengiriman barang yang tepat waktu menjadikan bisnis e-commerce menjadi terpercaya.

Pelayanan yang bagus terhadap calon pembeli akan meningkatkan hubungan dengan konsumen.

Selain memperhatikan struktur organisasi kepengurusan bisnis yang baik, kamu juga perlu memperhatikan jaringan insfratruktur dan keamanan.

Desain website yang bagus meliputi website yang mudah untuk dinavigasi, mobile friendly artinya tampilan website sempurna ketika dibuka di banyak platform seperti komputer desktop, laptop, tablet, maupun smartphone.

7 Kunci Sukses Membangun Bisnis E-Commerce

Menyediakan Harga Kompetitif

Harga adalah pertimbangan nomer satu oleh calon pembeli, cantumkan harga yang kompetitif. Harga kompetitif bukan berarti harus yang paling murah dibandingkan dengan lainnya. Jelaskan dan yakinkan kepada calon pembeli bahwa produk yang dijual bagus serta pengiriman yang tepat waktu, atau potogan harga dan voucher khusus menjadikan pertimbangan yang baik kepada calon pembeli.

Menyediakan Jasa Pembelian yang Tanggap, Cepat, dan Ramah

Banyak calon pembeli yang kepo, ketika sebuah produk sudah jelas-jelas terpampang dengan cukup jelas keterangan harga dan dekripsi produk, namun masih banyak juga calon pembeli yang kepo dan masih ditanyakan terkait detail produk.

Sebagai cutomer service tugas kamu adalah melayani konsumen dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai karena jawaban kamu yang sedikit judes kepada calon pembeli menjadikan calon pembeli kabur tidak jadi belanja di tempat kamu.

Jadi jawablah segala pertanyaan calon pembeli dengan cukup jelas dan tanggap, jangan mengulur-ulur waktu untuk menunda jawaban. Dan ramahlah kepada konsumen.

Menyediakan Informasi Barang dan Jasa yang Lengkap dan Jelas

Jangan sampai ketika calon pembeli ketika mengunjungi website toko online kamu disana ditemukan minim informani terkait suatu produk yang hendak dibeli.

Tulis segala informasi yang lengkap tentang produk yang ingin dijual. Harga, dekripsi produk, apkah barang ready atau pre order, dan lainnya. Gunakan gambar produk yang detail. Jika perlu buatlah video review tentang prduk tersebut. Hal itu akan menjadika nilai tambah guna menyakinkan calon pembeli.

Menyediakan Banyak Bonus Seperti Kupon, Penawaran Istimewa, dan Diskon

Pada hari-hari tertentu manfaatkan moemen diskon, bonus voucher, atau penawaran istimewa lainnya. Hal ini menjadikan daya tarik kepada konsumen untuk kembali belanja untuk memanfaatkan momen-momen khusus.

Memberikan Perhatian Khusus Seperti Usulan Pembelian

Masukan dari konsumen adalah saran terbaik untuk membengun bisis e-commerce. Tentu tidak ada platform e-commerce yang sempurna. Masukan dari konsumen terkain kendala-kendala teknis selama melakukan proses belanja. Berikan tautan feedback untuk konsumen, dan perhatikan dengan serius masukan dari konsumen.

Menyediakan Rasa Komunitas Untuk Berdiskusi, Testimoni, dan Lainnya

Berikan kolom testimoni untuk menyediakan kepada pembeli untuk memberikan review ulasan dan testimoni terkait produk yang telah dibeli. Hal ini akan mempengaruhi calon pembeli lainnya untuk membeli dengan melihat ulasan dari pembeli terdahulu yang telah memberikan ulasan.

Selain itu buatkan grup diskusi sebagai forum komunitas bersama untuk menjalin ikatan kekeluargaan antara produsen dengan konsumen. Kamu bisa memanfaatkan situs sosial media untuk saling berinteraksi.

Mempermudah Kegiatan Perdagangan

Buatlah platform e-commerce semudah mungkin untuk digunakan oleh konsumen. Jangan buat calon pembeli bingung dengan fitur-fitur canggih yang bagi sebagian calon pembeli bingung untuk melakukan belanja di situs toko online kamu.

Sebagai contohnya buatlah sistem pembayaran yang fleksibel. Bagaimana seorang calon pembeli bisa melakukan pembayaran tidak hanya melalui transfer bank online saja, mungin bisa COD.

Itulah 7 kunci sukses dalam membangun bisnis e-commerce. Tentu saja selain 7 kunci sukses diatas masih banyak faktor-faktor pendukung lainnya yang perlu kamu terapkan di untuk membangaun bisnis e-commerce anda.

Ingin membangun situs e-commerce yang terintegrasi dengan sebuah aplikasi mobile? hubungi tim Shoop! sebuah perusahaan perancang situs web yang fokus dalam pengembangan platform e-commerce di Indonesia.

 

Related posts:

Loading Facebook Comments ...