7 Kiat Jitu Agar Toko Online Terlihat Profesional

website toko online

Blog Shoop! | Dalam membuat sebuah toko online tidaklah sembarangan. Perlu kiat-kiat khusus agar sebuah toko online yang kita buat nantinya bisa mendukung usaha kita. Pembuatan toko online yang asal-asalan tentu saja akan berdampak pula terhadap calon pembeli. Jika toko online yang telah kita buat kurang terlihat profesional maka calon pembeli bisa saja tidak jadi membeli produk anda karena kesan pertama yang ditimbulkan ketika pertama kali berkunjung ke website toko online anda.

Lalu bagaimanakah cara jitu mendesain toko online agar terlihat profesional? Dalam mendesain toko online agar terlihat profesional tidaklah harus membayar mahal. Tidak harus sampai menggunakan jasa web design yang mengharuskan anda mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Apalagi jika anda baru saja terjun di dunia online dan mencoba membuat sebuah toko online. Namun jika anda mempunyai dana lebih untuk mengembangkan desain toko online alangkah lebih baik memilih jasa web design profesional. Lalu bagaimana kiat jitu agar toko online terlihat profesional? Disini penulis akan mencoba memberikan tips bagaimana agar toko online kita terlihat profesional.

1. Buatlah brand atau merek atau nama toko online anda.
Brand atau nama toko juga patut dipertimbangkan. Dengan begitu secara tidak langsung anda juga turut mambangun nama toko anda agar lebih dikenal. Tentukan nama toko online anda seunik mungkin dan sesimple mungkin agar mudah di ingat.

2. Gunakanlah domain tingkat tinggi dan jangan yang gratisan.
Walau masih ada keterbatasan soal dana dalam membuat toko online, sehingga kita hanya memanfaatkan engine blog gratisan seperti blogspot maupun wordpress namun usahakan untuk membeli domain tingkat tinggi semisal .com hal tersebut akan terlihat profesional daripada anda hanya menggunakan sub domain bawaan blogspot maupun wordpress saja.

3. Tentukan warna dasar desain toko online anda.
Sebelum membuat toko online maka tentukan dulu desain toko online anda kira-kira seperti apa? Pilihlah template yang sesuai untuk toko online anda. Dalam memilih desain toko online anda juga jangan menyepelekan soal warna dasar desain toko online. Warna dasar sebuah website juga turut mempengaruhi pengunjung website. Coba anda perhatikan website-website besar terkenal saat ini, apa saja warna dasar website mereka? Google menggunakan warna dasar putih, dan tidak ada yang istimewa dari desain websitenya. Facebook menggunakan warna dasar biru tua, sedangkan Twitter menggunakan warna biru muda. Youtube menggunakan warna dasar merah.

Website-website di atas menggunakan warna daras yang tepat. Dan dari sisi pemilihan warna website pun mereka tidak neko-neko cukup menggunakan maksimal dua warna seperti warna biru dan putih saja.

Selanjutnya apakah kita juga harus menggunakan warna dasar? Yap, tentukan warna dasar dan gunakanlah seterusnya. Walaupun terkadang sebuah template terlihat indah dengan desain yang bagus namun belum tentu hal tersebut akan langsung berdampak pada toko online anda.

Seseorang suka yang simple, pengunjung toko online anda adalah seseorang yang ingin membeli produk anda, bukan untuk menilai desain website anda. Jangan memaksakan menggunakan banyak warna dalam desain website anda hanya biar ingin terlihat indah. Gunakanlah warna dasar yang umum digunakan seperti merah, putih, biru, dan hitam.

4. Gunakanlah gambar produk yang jelas.
Penggunaan gambar produk sangatlah penting, bisa saja calon pembeli sangat membutuhkan produk yang anda jual namun karena anda memasang gambar produk yang kurang bagus maka pembeli tidak jadi membeli di toko online anda. Lalu bagaimana cara menyiasatinya? Usahakan tetap menampilkan gambar produk, karena gambar produk sangatlah penting.

Pasang gambar produk yang jelas dan jernih. Jangan Cuma asal mengambil gambar produk yang di unduh dari internet. Kalau bisa kita lakukan pemotretan sendiri. Jangan memasang gambar produk terlalu kecil karena juga akan berpengaruh, gunakanlah minimal resolusi gambar 500 pixel. Namun juga jangan terlalu besar karena juga kan berpengaruh terhadap ukuran file gambar sehingga membuat loading halaman website menjadi berat. Ukuran file gambar yang kita upload tidak boleh lebih 100 kb. Yang penting gambar tersebut jelas dan jernih. Dan kalau bisa dalam satu produk kita memasang lebih dari satu gambar.

5. Buatlah deskripsi yang lengkap setiap produk.
Pernahkan anda menemui suatu website toko online yang Cuma memuat gambar serta sedikit keterangan yang menunjukkan harganya saja? Apakah hal tersebut terlihat profesional?

Selain penggunaan gambar, pemberian deskripsi yang lengkap juga mempunyai nilai jual tersendiri. Buatlah keterangan produk selengkap mungkin. Seperti spesifikasi produk. Kelebihan dan kekurangan produk tersebut, jangan Cuma menjelaskan kelebihannya saja, namun kekurangannya dengan produk sejenis juga perlu di ulas sehingga calon pembeli tidak merasa dibohongi.

Selain itu buatlah testimoni khusus dari pembeli-pembeli sebelumnya dari setiap produk yang anda jual, hal tersebut juga sangat penting.

6. Berikan support system yang jelas.
Apa saja support system yang harus di perhatikan? Pelayanan customer service yang ramah serta responnya cepat. Setiap calon pembeli harus kita sapa dengan ramah dan memberikan penjelasan sedetail mungkin setiap pertanyaan. Membelas setiap pertanyaan maupun keluhan dari calon pembeli baik lewat email maupun SMS. Dengan membalas secara cepat maka kesan seorang calon pembeli terhadap toko online kita akan sangat baik. Jangan membalas terlalu lama, atau bahkan tidak membalas sama sekali. Hal tersebut akan berdampak buruk terhadap kepercayaan pembeli.

Selain itu masalah logistik juga harus diperhatikan seperti pemilihan jasa pengiriman barang yang jelas dan tepat waktu. Atau bisa menggunakan cara Cas On Delivery (COD). Dan berikan pilihan rekening bank pembayaran yang lengkap.

Mencantumkan nomer telepon, email, dan lainnya dengan jelas termasuk alamat serta informasi lokasi toko dalam Google Maps. Selain itu masalah dukungan garansi atau pengembalian barang yang cacat juga perlu dipertimbangkan.

7. Buatlah navigasi website yang mudah digunakan.
Navigasi website yang mudah digunakan akan membuat nyaman calon pembeli ketika berkunjung ke toko online anda. Jika toko online anda memuat banyak produk maka buatlah navigasi dengan mengelompokkan setiap produk berdasarkan label, dengan begitu maka akan lebih rapi.

Mungkin itu dulu saja sedikit tips dari kami dalam membuat toko online agar terlihat profesional. Dengan membuat toko online yang profesional, rapi, serta enak dipandang mata dan tidak amburadul maka calon pembeli akan lebih tertarik membeli produk anda sehingga usaha anda akan lebih tambah maju.

Related posts:

Loading Facebook Comments ...