5 Tips Belanja Online Saat Lebaran Agar Tidak Tertipu

Belanja-Online

Blog Shoop! | Menjelang Hari Raya Idul Fitri kegiatan jual beli mengalami peningkatan. Bukan kegiatan jual beli offline saja, kegiatan jual beli online juga mengalami peningkatan menjelang lebaran setiap tahunnya.

Terlebih setelah uang tunjangan hari raya (THR) telah diterima oleh karyawan perusahaan, maka mereka langsung membelanjakan uang tersebut untuk keperluan lebaran.

Nah biasanya setiap menjelang lebaran banyak toko yang memberikan promo-promo khusus termasuk diskon dan lainnya.

Hal tersebut juga dialami oleh pelaku e-commerce toko online dimana untuk menarik minat konsumen calon pembeli online maka tidak sedikit yang memberikan diskon maupun promo khusus.

Lalu bagaimana untuk menyiasati agar calon pembeli online tidak tertipu dengan banyaknya penawaran promosi tersebut? Berikut ini 5 tips bagaimana cara agar tidak tertipu promo belanja online saat lebaran.

Pertama hati-hati jika kamu menerima email promo lebaran. Jangan langsung percaya dengan email spam promosi tersebut. Banyak penjahat cyber yang memanfaatkan momen lebaran untuk menyebar laman palsu melalui email yang mengiming-imingi promo belanja maupun hadiah.

Mereka hanya menjebak calon korban untuk mengumpulkan data pribadi anda. Namun jika kamu sebelumnya telah berlangganan email promosi dari toko online kepercayaan anda maka hal diatas mungkin tidak akan terjadi.

Kedua cek dan teliti situs toko online yang ingin kamu jadikan tempat untuk berbelanja tersebut. Situs toko online yang terpercaya tidak akan melakukan penipuan dengan promo yang menipu. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah untuk diskon atau potongan harga yang diberikan.

Sebaiknya cek dahulu dengan toko online lainnya berapa rata-rata harga barang yang hendak dibeli tersebut. Jangan tergiur dengan diskon potongan harga yang tinggi namun anda tidak menyadari bahwa pemilik toko online telah me-mark up harga nya terlebih dahulu lalu dikasih diskon.

Jika anda jeli kamu bisa melihat harga sebelum di diskon dengan harga setelah di diskon dan bandingkan dengan toko lain yang tidak memberikan diskon, berapa selisihnya.

Ketiga pilih metode pembayaran yang aman. Rata-rata situs toko online yang terpercaya telah tersedia sistem pembayaran online yang aman seperti metode pembayaran dengan kartu kredit, internet banking, mobile bangking, dan lainnya.

Keempat cek total uang yang akan dibayar, apakah harga asli telah dikurangi diskon jika ada diskon harga. Dan apakah biaya ongkos kirim gratis atau berbayar.

Perhatikan juga syarat garansi barang yang dibeli. Biasanya toko online memberikan garansi seperti pengembalian barang jika barang yang diterima tidak sesuai.

Namun waktu garansi pengembalian barang biasanya terbatas jadi segera lakukan konfirmasi pengembalian barang dengan segera jika barang yang diterima tidak sesuai dengan yang dipesan.

Kelima simpanlah bukti pembayaran online anda. Hal tersebut untuk dijadikan bukti transaksi jika suatu saat terjadi suatu hal yang tidak diinginkan seperti penipuan online sehingga hal tersebut bisa dijadikan barang bukti.

Demikianlah lima tips cara aman belanja online agar tidak tertipu saat belanja online saat lebaran maupun hari-hari biasa. Dan nikmati pengalaman belanja dan jualan online langsung dari gadget mobile kamu dengan aplikasi Shoop! Social E-Commerce. [GW]

Related posts:

Loading Facebook Comments ...